Kamis, 12 Juni 2014

Hubungan aksara Jawa,Bali,Thailand,India,dan Asia

HUBUNGAN ANTARA AKSARA  JAWA,THAILAND ,BALI,INDIA,ASIA (umumnya)

Selamat siang sobat,kali ini saya akan menjelaskan Hubungan aksara dari Jawa,Bali,Thailand,India.Sering kali di benak kita diantara semua aksara itu hampir sama.Nah dari itu saya mencoba menjelaskannya.
Kita ulas dari leluhur ya
1                     Abjad Aram atau Abjad Aramaik adalah aksara yang dipakai dalam Bahasa Aram, oleh masyarakat Aram, yang tinggal di daerah sekitar Siria sekarang dan Mesopotamia. Aksara ini digunakan sekitar abad ke-10 SM. Dari aksara ini menurunkan aksara Arab dan aksara Brahmi. Aksara ini memiliki sifat alfabetis dan terdiri dari 22 konsonan.
2                     Aksara Brahmi adalah abugida yang digunakan di India semasa pemerintahan Raja Asoka (270 SM - 232 SM). Aksara ini ditulis dari kiri ke kanan, meskipun menurut hipotesis, aksara ini berdasarkan huruf Aramea atau huruf Fenisia di Timur Tengah yang ditulis dari kanan ke kiri.Keturunan aksara Brahmi Aksara Brahmi berkembang menjadi berbagai jenis aksara, yang biasanya dibagi menjadi aksara khas India Utara yang lebih bersudut dan aksara India Selatan yang lebih bulat. Setelah sekian lama, beberapa aksara menjadi dihubungkan dengan bahasa-bahasa tertentu. Aksara India Selatan menyebar ke Asia Tenggara sementara aksara khas India Utara menyebar ke Tibet. Sekarang keturunan aksara Brahmi digunakan di India, Sri Lanka, Nepal, Bhutan, Tibet, Burma, Thailand, Laos, dan beberapa enklave tersebar di Indonesia, Cina, Vietnam, dan Filipina. Sebagai aksara penyandang teks-teks Buddhis, aksara Brahmik juga digunakan untuk keperluan religius di RRT, Korea, Jepang, dan Vietnam. Meski dianggap kontroversial, dikatakan bahwa aksara Hangul di Korea konon berdasarkan aksara Brahmik pula (menurut hipotesis aksara Phagspa). Begitu pula aksara Kana di Jepang urutan aksara dan prinsipnya berdasarkan aksara Siddham yang merupakan keturunan aksara Brahmi. Aksara Brahmi merupakan turunan dari Aksara Aramea dan Aksara Brahmi dikenali sebagai aksara yang memiliki varian, artinya bentuk suatu huruf dapat berbeda-beda meskipun melambangkan bunyi yang sama.
3                    Aksara Pallawa atau kadangkala ditulis sebagai Pallava adalah sebuah aksara yang berasal dari India bagian selatan. Aksara ini sangat penting untuk sejarah di Indonesia karena aksara ini merupakan aksara dari mana aksara-aksara Nusantara diturunkan.Di Nusantara bukti terawal adalah Prasasti Mulawarman di Kutai, Kalimantan Timur yang berasal dari abad ke-5 Masehi. Bukti tulisan terawal yang ada di Jawa Barat dan sekaligus pulau Jawa, yaitu Prasasti Tarumanagara yang berasal dari pertengahan abad ke-5, juga ditulis menggunakan aksara Pallawa.
4                    Aksara Kawi atau Jawa Kuno(dari bahasa Sansekerta kavi yang berarti 'pujangga')[1] adalah aksara Brahmi historis yang pernah digunakan di wilayah maritim Asia tenggara sekitar abad 8 hingga 16 Masehi. Aksara ini terutama digunakan di wilayah Jawa dan Bali, Indonesia, namun beberapa prasasti bertulis Kawi telah ditemukan sampai sejauh Filipina.[2] Aksara ini digunakan untuk menulis bahasa Sansekerta dan Jawa kuno. Aksara Jawa Kuno berasal dari Aksara Pallawa yang mengalami penyederhanaan bentuk huruf pada sekira abad VIII. Aksara Pallawa itu sendiri merupakan turunan Aksara Brahmi dan berasal dari daerah India bagian selatan. Aksara Pallawa menjadi induk semua aksara daerah di Asia Tenggara (e.g. Aksara Thai, Aksara Batak, Aksara Burma).
5                    Aksara Jawa, dikenal juga sebagai Hanacaraka (ꦲꦤꦕꦫꦏ) dan Carakan (ꦕꦫꦏꦤ꧀),[1] adalah salah satu aksara tradisional Nusantara yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa dan sejumlah bahasa daerah Indonesia lainnya seperti bahasa Sunda dan bahasa Sasak[2] Tulisan ini berkerabat dekat dengan aksara Bali. Tulisan Jawa dan Bali adalah perkembangan modern aksara Kawi, salah satu turunan aksara Brahmi yang berkembang di Jawa. Pada masa periode Hindu-Buddha, aksara tersebut terutama digunakan dalam literatur keagamaan dan terjemahan Sanskerta yang biasa ditulis dalam naskah daun lontar.[2] Selama periode Hindu-Buddha, bentuk aksara Kawi berangsur-angsur menjadi lebih Jawa, namun dengan ortografi yang tetap. Pada abad ke-17, tulisan tersebut telah berkembang menjadi bentuk modernnya dan dikenal sebagai Carakan[5] atau hanacaraka berdasarkan lima aksara pertamanya.
ü  Aksara Brahmi








ü  Aksara Pallawa (Pallava)






 ü  Aksara Kawi (Jawa Kuno)
         


 ü  Aksara Jawa Modern (sekarang

Sesungguhnya Bahasa Sansekerta itu bisa ditulis dalam banyak aksara termasuk aksara Hindi,Jawa dll.

Sebenarnya masih banyak lagi keturunannya tetapi saya ringkas karena terlalu banyak,saya sebenarnya menyukai Sejarah Sastra.Apalagi yang berhubungan atau kekerabatan Aksara Negara satu dengan Negara laiinya.
Ini Sobat saya beri table asal muasal bahasa di ASIA.

AKSARA BRAHMI


Aksara Brahmi bagian utara
Aksara Brahmi bagian selatan
Ahom · Burma · Grantha · Kadamba · Kalinga · Kannada · Kawi Kuno · Khmer · Lanna · Lao · Malayalam · Malesung · Mon · Oriya · Pallawa · Saurashtra · Sinhala · Tai Dam · Tai Le · Tamil · Telugu · Thai · Varang Kshiti
Keluarga Kawi

Bali · Batak · Baybayin · Buhid · Hanunó'o · Jawa (Buda) · Kaganga (Rejang · Lampung · Rencong) · Lontara · Sunda (Sunda Kuno) · Tagbanwa


v  AKSARA THAI






v  AKSARA BALI


 v  AKSARA TAMIL

















Jadi semua bahasa di ASIA (kurang lebih) berasal dari India bagian selatan,dan Induknya adalah AKSARA PALLAWA .Lho koq Pallawa sih,bukannya AKSARA ARAM.Untuk masalah itu saya sendiri juga masih bingung.
Nah berarti bahasa atau aksara Brahmi dari INDIA sangat beprengaruh di daratan ASIA,saya juga masih bingung bukannya CHINA (mandarin ) itu lebih dulu dari INDIA.
Sahabat yang mau kasih pengetahuan lebih tentang materi diatas boleh koq,kita sama sama sharing.Kita sedang belajar,aku juga sangat tertarik dalam dunia sejarah.Meskipun saya sekolah di Arsitektur (SMK).
Sekian dulu ulasan dari saya , semoga sahabat bertambah pengetahuannya,saya hanyalah manusia biasa yang sedang belajar menitih kehiduan.
NB: Kamto Dwi Pramono (search on facebook) 
Sumber 
SEMUA BERSUMBER DARI WIKIPEDIA ENSIKLOPEDIA BEBAS

18 komentar:

  1. Wah, ini perlu kajian literatur ilmiah lagi agar kbenaran tulisan nya akurat.

    BalasHapus
  2. Ya terima kasih sobat sudah berkunjung.
    Iya ini harus diteliti lebih lanjut krn saya juga mengumpulkan dari berbagai sumber dan Wikipedia.

    BalasHapus
  3. Ini sangat kontroversi sekali masalah roots bahasa, apalagi sekarang ditemukan situs megalithic gunung padang yang setelah diteliti ternyata merupakan bangunan situs tertua di bumi yang pernah ditemukan. Pastinya ini juga menjadi pertimbangan alot tentang roots bahasa dan budaya Asia hingga dunia...

    BalasHapus
  4. Kondisi geografis mengakibatkan perbedaan, dulu mana ada kendaraan, apa2 kudu jalan kaki :(

    BalasHapus
  5. Sebenernya,munkin dahulu suku suku yang sama menjadi terpisah akibat konflik,sehingga mereka membuat huruf huruf yang baru dan terpisah pisah di berbagai daerah

    BalasHapus
  6. mau kenalan dong ama yg punya blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh silahkan apa yg akan ditanyakan,,nama saya Kamto Dwi Pramono cari aja di FB Natcha VJ,,,Khob khun

      Hapus
  7. hahaaa.... masih kurang mengerti..

    but thank in advance for the info

    BalasHapus
  8. Lumayan untuk disimak, suwun mas Kamto. Great efforts!

    BalasHapus
  9. ini cukup bagus kok, paling tidak sebagai pembuka cakrawala, dan penelitian semakin dalam .

    BalasHapus

Follow My Instagram

Jumlah Pengunjung

Apakah postingan saya membantu anda ?

Komentar Anda